Todayon2009's Blog

Just another WordPress.com weblog

Belajar dalam Konteks Pendidikan

Belajar secara umum merupakan proses perubahan perilaku (disengaja atau tidak disengaja) yang relatif permanen sebagai hasil dari pengalaman. Definisi lain mengemukakan bahwa belajar merupakan perubahan potensial perilaku yang relatif permanen sebagai hasil dari pengalaman yang mendapat penguatan. Dua definisi di atas menjelaskan konteks belajar yang luas yang meliputi upaya organisme untuk beradaptasi dalam hidupnya.

Terdapat dua tinjuan mengenai teori belajar, yaitu teori behaviorisme (koneksionisme dan kondisioning) dan teori kognitivisme (teori gestalt dan kognitif). Teori behaviorisme memandang belajar sebagai proses asosiasi dan hubungan kontingen antara stimulus dan respon (teori Pavlov, Skinner, Thorndike). Teori kognitif dan gestalt memandang bahwa belajar melibatkan perubahan persepsi dan insight sebagai bentuk dari perubahan struktur kognitif melalui pengalaman belajar (teori Piaget, Wertheimer, Gagne).

Belajar dalam konteks pendidikan lebih dipandang sebagai usaha sadar dan disengaja yang terorganisir dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan. Belajar terkait langsung dengan pengajaran sebagai upaya untuk menciptakan suatu pengalaman belajar (segala hal yang diperoleh siswa sebagai hasil dari belajar). Dalam pemerolehan pengalaman belajar, menurut Bruner,  individu melalui tiga proses belajar, meliputi fase informasi, fase transformasi dan fase evaluasi. Wittig dengan cara yang lain mengemukakan belajar meliputi tiga tahap yaitu tahap acquisition, storage dan retrieval. Tiga tahapan yang dikemukakan Wittig ini mengikuti model tahapan penyimpanan informasi oleh teori sistem ingatan.

Hasil belajar akan tampak pada manifestasi perubahan perilaku (perilaku potensial yang diaktualkan), meliputi 1) kebiasaan, 2) keterampilan, 3) pengamatan, 4) berpikir asosiatif dan daya ingat, 5) berpikir rasional, 6) sikap, 7) inhibisi, 8) apresiasi dan 9) tingkah laku afektif. Mengenai jenis-jenis belajar, dapat dibedakan menjadi delapan bentuk dikarenakan kegiatan yang berbeda dalam materi, metode, aspek tujuan dan perubahan perilaku yang diharapkan. Kedelapan jenis belajar tersebut yaitu a) belajar abstrak, b) belajar keterampilan, c) belajar sosial, d) belajar pemecahan masalah, e) belajar rasional, f) belajar kebiasaan, g) belajar apresiasi dan h) belajar pengetahuan.

Proses belajar melibatkan berbagai pengaruh dari subjek yang terlibat (pembelajar dan pengajar) dan unsur-unsur objek dan sarana belajar. Secara umum hal-hal yang memengaruhi belajar meliputi faktor internal, eksternal dan faktor pendekatan belajar. Faktor internal siswa meliputi aspek psikologis dan aspek psikologis (inteligensi, sikap, bakat, minat, motivasi). Faktor ekternal meliputi lingkungan sosial dan lingkungan nonsosial.

Mengajar  didefinisikan sebagai any action performed by an individual (the teacher) with the intention of facilitating learning in another individual (the learner). Biggs, seorang tokoh psikologi membagi konsep mengajar menjadi tiga pengertian; kuantitatif, institusional dan kualitatif.

Model pengajaran merupakan suatu blue print mengajar yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan tertentu yang dijadikan pedoman perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi belajar. Menurut Joyce dan Weil meliputi i) model pemrosesan informasi, ii) model personal, iii) model sosial dan iv) model behavioral.

Metode mengajar ialah cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan pendidikan terutama pada kegiatan penyajian materi pelajaran. Hal yang terkait erat dengan metode mengajar ialah strategi mengajar. Diantara jenis metode mengajar yaitu ceramah, diskusi, demonstrasi.

December 30, 2009 - Posted by | Psikologi Belajar

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: