Todayon2009's Blog

Just another WordPress.com weblog

PSIKOANALISA

Kepopuleran psikoanalisa menjadikan psikologi identik dengan pendekatan ini. Saat psikologi yang baru berkembang lebih berkonsentasi pada fungsi-fungsi mental dan kesadaran yang bermainstream psikofisiologi, psikoanalisa membuat breakthrough dengan mengangkat ketidaksadaran dan memopulerkan kembali pemikiran ala Darwinisme; manusia adalah makhluk instingtual yang berada dalam suatu tegangan dan senantiasa bergerak untuk menuju pada kondisi keseimbangan.

Teori Freud, pencetus psikoanalisa, lahir dari praktik penyembuhan pasien histeria yang ditanganinya bersama seorang ahli hipnosis Charchot. Berikutnya Freud meninggalkan hipnosis dan mulai mengembangkan teorinya sendiri. Dari sinilah teori-teori mengenai kepribadian dimunculkan dan memengaruhi dunia psikologi.

Psikoanalisa memecah kesadaran manusia menjadi tiga lapisan; kesadaran, kondisi prasadar dan ketidaksadaran. Kesadaran ialah hal-hal yang saat ini dirasakan; persepsi, pemikiran, fantasi, perasaan. Prasadar (available memory) merupakan hal yang mudah dimunculkan dalam kesadaran; apapun yang saat ini sedang tidak dipikirkan. Bagian yang justru lebih besar adalah ketidaksadaran. Bagian ini paling sulit untuk dibuat sadar, mencakup insting dan drives dan hal-hal yang sengaja atau tidak sengaja disimpan dalam ketidaksadaran, misalnya trauma.

Manusia dipandang sebagai organisme yang berjuang untuk memertahankan hidupnya1. Seorang bayi dibekali dengan sistem neural yang kurang lebih sama dengan makhluk lainnya (disebut dengan id : instinct/drives/wishes)2. Id bekerja dengan proses primer dengan prinsip mencari pemuasan dan menghindari penderitaan. Pada usia setahun, individu telah mengembangkan ego. Ego berinteraksi dengan realita menggunakan kesadaran berprinsip pada realitas dengan proses sekunder. Interaksi dengan lingkungan menghasilkan komponen kepribadian ketiga: superego. Superego timbul dari pengalaman penghindaran dan strategi yang digunakan seseorang yang dibentuk oleh lingkungan: nilai dan norma. Ada dua aspek pada superego: conscience dan ego ideal3. Keduanya muncul saat ego sedang berperan dengan cara memunculkan perasaan seperti harga diri, rasa malu atau dosa.

Tema utama terkait dengan perkembangan kepribadian adalah mekanisme id-ego-superego yang selalu mencari keseimbangan. Hal ini menghasilkan kecemasan4. Freud membagi kecemasan menjadi tiga macam: realistis (rasa takut yang wajar), moral (malu, dosa, takut dihukum) dan neurotik (cemas bila tidak mampu mengendalikan id). Kecemasan merupakan sumber dari perkembangan kepribadian. Kerja kompak dari id-ego-super ego akan menjadikan seseorang memiliki kepribadian yang sehat.

Terlepas dari kontroversi yang hadir, pandangan psikoanalisa yang kompleks tidak hanya memberi kontribusi dalam dunia psikologi melainkan juga merambah disiplin ilmu lainnya sebagai pisau pembedah realitas dalam politik, sastra dan ilmu sosial lainnya. Dalam psikologi, pandangan psikoanalisa juga mengalami banyak kritik dikarenakan mereduksi aspek kemanusiaan, terlalu menekankan pada aspek seksualitas manusia dan pandangan yang suram dalam memandang manusia.

1 The organism is special in that it acts to survive and reproduce, and it is guided toward those ends by its needs — hunger, thirst, the avoidance of pain, and sex.

2 Id memiliki dua aspek eros (insting hidup) dan thanatos (insting mati).

3 The conscience is an internalization of punishments and warnings. The ego ideal derives from rewards and positive models presented to the child.

4 anxiety serves as a signal to the ego that its survival, and with it the survival of the whole organism.

December 28, 2009 - Posted by | Psikologi Kepribadian

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: