Todayon2009's Blog

Just another WordPress.com weblog

Pendidikan Anti Narkoba di Sekolah

Kasus narkoba; perdagangan ilegal, kriminalitas, penyalahgunaan dan kematian yang diakibatkan olehnya, merupakan berita yang dapat diakses setiap hari. Korban penyalaggunaan narkobapun tidak mengenal usia, pendidikan, domisili atau profesi, siapapun bisa terlibat manakala mereka tidak memiliki ketahanan untuk menolaknya1. Apalagi saat ini narkoba lebih mudah didapatkan, diolah secara lebih canggih sehingga memiliki efek lebih “menyandu”.

Kondisi demikianlah yang menjadikan pendidikan anti narkoba menjadi agenda PBB. Definisi Pendidikan Anti Narkoba (Drug Education ) sebagaimana dikutip dari Wikipedia, menyebutkan bahwa:

Drug education is the planned provision of information and skills relevant to living in a world where drugs are commonly misused. Planning includes developing strategies for helping children and young people engage with relevant drug-related issues during opportunistic and brief contacts with them as well as during more structured sessions. Drug education enables children and young adults to develop the knowledge, skills and attitudes to appreciate the benefits of a healthy lifestyle, promote responsibility towards the use of drugs and relate these to their own actions and those of others, both now and in their future lives. It also provides opportunities for young people to reflect on their own and others attitudes to drugs, drug usage and drug users.


Sekolah merupakan tempat yang paling strategis sebagai agen pembentuk kepribadian (tentu saja setelah institusi keluarga). Dalam drug education, sekolah menyediakan seting unik dikarenakan kombinasi berbagai faktor yang diarahkan pada kebijakan atau pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan. Sekolah mampu menyediakan lingkungan, pendidikan dan layanan kesehatan yang diarahkan untuk melengkapi siswa dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan bagi upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Di sekolah drug education disajikan dalam kelas Perkembangan Pribadi, Kesehatan dan Pendidikan Jasmani (PDHPE). Selain itu dapat pula disisipkan sebagai pokok kajian mata pelajaran yang lain dalam suatu kurikulum yang terintegrasi.

Tentu saja guru memegang peranan utama karena guru berinteraksi langsung dengan siswa. Guru tidak hanya menyediakan informasi yang tepat dan seimbang tentang fenomena narkoba, tetapi juga menjadi fasilitator bagi siswa yang memerlukan orang lain (orang yang tepat) tempat mereka berbagi dan menceritakan problem terkait dengan permasalahan perkembangan mereka. Guru perlu menjadi agen yang aman dan dapat dipercaya oleh siswa agar siswa dapat bersikap terbuka, kritis dan mampu untuk mengembangkan keterampilan sosial dan menumbuhkan keterampilan pribadinya. Guru berperan penting mengajari siswa untuk menjadi diri mereka sendiri, apa yang mereka miliki sekarang dan kemungkinan apa yang akan mereka raih di masa yang akan datang.

Terdapat empat komponen terkait peran sekolah sebagai institusi dan lembaga pendidikan. Pertama, sekolah menyediakan kerangka kerja bagi perencanaan, pengimplementasian dan pengevaluasian dalam upaya pencegahan dan pengurangan penyalahgunaan drug (termasuk alkohol dan rokok). Kedua, sekolah menyediakan lingkungan fisik dan sosial bagi pengembangan kesehatan siswa berkaitan dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai sesuai dengan jenjang pendidikan. Ketiga, membantu siswa berperilaku (skills-based drug education) dan menciptakan kondisi yang sehat bagi siswa. Sekolah berperan dalam membentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan remaja nantinya dalam memilih dan mengambil keputusan untuk tidak menggunakan drug.

1Menurut data UN Office on Drugs and Crime (UNODC), tiap hari paling tidak 40 orang meninggal karena narkoba. (Narkoba Predator Pendidikan, Ditulis oleh Prof. Suyanto, Ph.D, tanggal 12-02-2009

December 28, 2009 - Posted by | Pendidikan Anti Narkoba

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: