Todayon2009's Blog

Just another WordPress.com weblog

Materi Pendidikan Anti Narkoba di SD

Pendidikan anti narkoba merupakan suatu upaya terencana yang menyediakan informasi dan keterampilan yang relevan terkait dengan fenomena penyalahgunaan narkoba yang ada di masyarakat. Di sekolah, pendidikan anti narkoba dikembangkan sesuai dengan strategi pengajaran untuk membantu siswa menghadapi isu tentang narkoba. Pendidikan disajikan melalui kontak yang intens dalam kelas dan pelajaran yang terstruktur.

Pendidikan anti narkoba bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap terkait dengan apresiasi terhadap gaya hidup yang sehat, mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap penggunaan obat-obatan (baik bagi diri sendiri dan orang lain) baik saat ini dan di masa yang akan datang.

Lebih dari tujuan khusus di atas, Pendidikan Anti Narkoba membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan keterampilan hidup dan pengembangan diri. Keterampilan hidup dan pengembangan diri ini bertujuan untuk menyiapkan siswa sesuai dengan tujuan hidup yang mereka pilih berdasarkan pertimbangan yang dibuat berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab. Beberapa keterampilan yang perlu dikembangkan dalam pendidikan yang efektif bagi upaya pencegahan dan pengurangan penyalahgunaan narkoba, yaitu:

  • Drug resistance skills to enable young people to recognize and challenge common misconceptions about tobacco, alcohol and other drug use; to learn correct information and practice specific methods of resisting pressure from peers and the media to use drugs;
  • Personal self-management skills to help students examine their self-image and its effects on behaviour; set goals and keep track of personal progress; identify everyday decisions and how they may be influenced by others; analyse problem situations, and consider the consequences of each alternative solution before making decisions; reduce stress and anxiety, and look at personal challenges in a positive light.
  • General social skills to help students overcome shyness, communicate effectively and avoid misunderstandings, initiate and carry out conversations, handle social requests, utilize both verbal and nonverbal assertiveness skills to make or refuse requests, and recognize that they have choices other than aggression or passivity when faced with tough situations.

Berikut ini merupakan materi-materi yang diajarkan pada siswa yang disesuaikan dengan tingkatan umur dan tahapan perkembangan siswa.

I. Di TK, Kelas 1 dan Kelas 2:

• belajar tentang penggunaan obat-obatan secara aman • berbicara tentang mengapa obat dan racun harus disimpan jauh dari anak-anak • berlatih cara menghubungi pelayanan darurat.

Di Kelas 3 dan 4, para pelajar

• belajar tentang efek tembakau dan alkohol terhadap tubuh

• meneliti bagaimana narkoba dapat membantu dan juga membahayakan

• memperhatikan penggunaan secara bertanggung jawab untuk obat-obatan yang dapat ditemui di rumah

• mempertimbangkan cara untuk menjauhi dari asap rokok

• mempraktekkan cara untuk melindungi diri sendiri dari bahaya

• membicarakan bagaimana narkoba dilabel.

Di Kelas 5 dan 6, para pelajar:

• mengembangkan apa yang telah dipelajari di Kelas 1 sampai 4

• membicarakan narkoba sah dan terlarang, termasuk pembatasan narkoba sah yang mungkin menjadikan penjualan atau penggunaannya terlarang. • meneliti efek yang mungkin timbul dari penggunaan narkoba terhadap masyarakat

• menganalisis pengaruh media terhadap penggunaan narkoba dan sikap terhadap narkoba.

December 28, 2009 - Posted by | Pendidikan Anti Narkoba

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: