Todayon2009's Blog

Just another WordPress.com weblog

Behaviorisme (part2)

Behaviorisme memiliki pijakan awal pada proses belajar dan penyesuaian diri sebagai dasar bagi pembentukan perilaku dan kepribadian. Pandangan ini lebih menitikberatkan faktor lingkungan sebagai pembentuk kepribadian. Perilaku yang kurang baik, misalnya sifat serakah, tidak punya gairah hidup, stres dan depresi dipandang sebagai kesalahan dalam belajar atau ketidakmampuan beradaptasi dengan lingkungan lebih banyak punishment yang membuat kekecewaan yang dialami daripada reward yang membuat seseorang menjadi pribadi yang sehat dan bahagia1.

Tentu saja dalam kenyataannya, proses pembentukan perilaku apalagi kepribadian tidak cukup hanya dijelaskan dengan model pengondisian atau ganjaran-hukuman saja. Albert Bandura, tokoh behavioris yang melangkah lebih jauh dari para pendahulunya berpendapat adanya suatu reciprocal determinism; pembentukan kepribadian merupakan hasil interaksi dari lingkungan, perilaku dan proses psikologis individu. Proses psikologis merupakan bentuk kemampuan manusia untuk menciptakan bayangan mental dan juga kemampuan berbahasa (yang hanya dimiliki oleh makhluk manusia).

Teori Bandura dinamakan observational learning, atau modeling atau teori belajar sosial. Individu belajar suatu perilaku dari mengamati orang lain dan belajar dari ganjaran atau hukuman yang didapatkan pelaku karena melakukan suatu tindakan tertentu.

Ada empat tahapan proses modeling. Pertama, adanya perhatian. Perhatian ditentukan olem minat, kondisi fisik dan psikologis yang kemudian menentukan seberapa besar hasil perubahan perilaku atau akan adakah modeling perilaku2. Kedua, retensi. Proses belajar melibatkan ingatan. Hal apa yang telah kita lihat diubah menjadi bayangan mental atau deskripsi verbal dalam bentuk kata-kata. Hasil memerhatikan ini membuat kita mampu untuk melakukan reproduksi berdasarkan perilaku kita sendiri. Ketiga, proses reproduksi. Bayangan mental atau kata-kata diaktualisasikan dalam perilaku yang nyata. Kemampuan kita terkadang bisa meningkat dengan membayangkan bahwa kita dapat melakukan sesuatu dengan baik, sebaik bayangan yang telah kita ciptakan. Keempat, yaitu faktor motivasi. Kita tidak akan melakukan apapun jika tidak ada motivasi untuk meniru; ada suatu alasan untuk meniru perilaku atau sikap atau penampilan orang lain.

Teori kepribadian Bandura menekankan pula adanya self regulation , yaitu kemampuan seseorang untuk mengontrol perilakunya. Ada tiga tahapan pengaturan diri; observasi diri, penilaian (membandingkan diri dengan standar yang ada, kita bisa berkompetisi dengan orang lain atau bahkan dengan diri sendiri) dan ketiga, respon diri (self response). Ketika kita melakukan hal yang memuaskan, kita menghadiahi diri dengan perasaan bangga. Hal ini berlaku pula untuk hal yang sebaliknya.

Hal yang ditekankan Bandura pada teori kepribadiannya ialah self concept (self esteem). Orang yang merasa gagal akan melakukan kompensasi, ketidakaktifan atau melarikan diri. Upaya untuk menaikkan harga diri yaitu dengan menemukan diri sendiri (menjadi diri sendiri), menetapkan standar yang realistis dan ketiga, menetapkan self response gunakanlah self reward, jangan self punishment. Jadilah diri sendiri dan hargailah diri sendiri.

1 Fenomena learning helplessness. Orang merasa tidak berdaya dikarenakan lingkungan yang mengondisikan mereka untuk menjadi tidak berdaya.

2 Some of the things that influence attention involve characteristics of the model: attractive, or prestigious, or appears to be particularly competent

December 28, 2009 - Posted by | Psikologi Kepribadian

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: