Todayon2009's Blog

Just another WordPress.com weblog

Reviu Akhir Teori Kepribadian (sekalian tugas diskusi)

Pemahaman atas diri merupakan langkah awal bagi upaya perbaikan diri untuk mencapai hal-hal yang ingin dicapai dalam hidup. Kualitas pribadi seseorang tergantung dari sejauh mana seseorang mampu beradaptasi dengan hidup, dapat menjalankan keinginan dan harapannya tanpa mengalami suatu tekanan atau konflik yang dapat menimbulkan frustasi karena interaksi yang tidak selaras dengan lingkungan.

Berbagai pendekatan teori kepribadian bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, melakukan prediksi dan mengontrol perilaku. Psikologi kepribadian dengan berbagai pendekatan terhadap struktur, dinamika dan analisis terhadap proses perilaku dimanfaatkan oleh psikoterapi dalam melakukan upaya pemaksimalan potensi dan mengurangi kelemahan yang ada pada diri.

Teori-teori kepribadian berupaya menjelaskan penyebab dari perilaku kurang efektif tersebut. Psikoanalisa memandang bahwa individu memiliki konflik bawah sadar sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap lingkungannya. Behavorisme memandang perilaku tidak adaptif sebagai cara belajar yang salah dalam bereaksi terhadap lingkungan. Pendekatan humanisti memandang individu yang bermasalah disebabkan oleh kurangnya wawasan dalam memaksimalkan potensi dirinya.

Dalam konteks sehari-hari, individu dihadapkan pada persoalan-persoalan yang  membuat individu tidak dapat berfungsi secara optimal, ingin berbuat lebih baik dan memerbaiki diri agar lebih efektif dalam hidup dengan tujuan akhir dapat memenuhi keinginan, harapan dan cita-cita dalam hidup. Dengan kata lain, individu selalu ingin mengaktualisasikan diri dengan tujuan akhir mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Memiliki keselarasan hubungan dengan spiritualitas (agama dan Tuhan), hubungan dengan diri sendiri, hubungan dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

Diantara beberapa persoalan umum menyangkut ketidakefektivitasan perilaku misalnya konsep diri yang tidak baik (mudah cemas, gugup, komunikasi yang buruk),  kebiasaan buruk (berpikir negatif, suka menunda),  tidak bisa mengendalikan diri (emosi, tidak disiplin, perilaku adiksi).

Langkah awal bagi upaya memerbaiki diri ialah dengan mengenali  perilaku tidak adaptif  yang selama ini membentuk kebiasaan sehari-hari. Individu juga perlu mengenali  pola kebiasaan, penyebab dan pengaruh internal dan eksternal munculnya perilaku tersebut. Faktor motivasi internal, niat untuk berubah serta perubahan persepsi merupakan faktor internal awal bagi upaya perubahan.  Disisi lain, hal-hal diluar diri seperti lingkungan, teman dan orang-orang dekat juga merupakan hal yang turut mendukung (atau sebaliknya menjadi faktor penghambat) dalam upaya mengubah diri.

Langkah berikutnya merupakan upaya terencana dan terprogram  yang meliputi langkah sistematis dengan teknik pengendalian dan feedback yang dapat menjaga kesimambungan bagi upaya perubahan. Terakhir, perilaku positif yang terbentuk atau perilaku negatif yang sedang dihiangkan perlu untuk tetap dijaga ketetapan (keajegannya) hingga menjadi perilaku yang terinternalisasi dalam keseharian dan membentuk kebiasaan baru yang positif.

DISKUSI

Diskusikan dengan kelompok Anda, permasalahan yang berkaitan dengan perilaku yang ingin diubah karena perilaku tersebut merugikan, membuat Anda terganggu atau menjadi individu yang tidak efektif. Jelaskan faktor penyebab, hal-hal yang mendukung dan menghambat upaya  pengubahan perilaku,langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memerbaiki diri.

December 30, 2009 - Posted by | Psikologi Kepribadian

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: